Scroll untuk baca artikel
Berita

Tak Sekadar Parkir, Tukang Parkir di Lombok Barat Digembleng Jaga Keamanan dan Kenyamanan Pasar

×

Tak Sekadar Parkir, Tukang Parkir di Lombok Barat Digembleng Jaga Keamanan dan Kenyamanan Pasar

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Gelar Bintek Tukang Parkir, Jaga Kamtibmas Jelang Ramadan

Lombok Barat, NTB – Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar kegiatan rutin silaturahmi dan bimbingan teknis (Bintek). Kali ini kepada komunitas tukang parkir di Pasar Segenter, Lombok Barat, pada Senin (25/3/2024). Kanit Binpolmas Ipda I Nyoman Dana memimpin kegiatan ini bersama Aiptu Kadek Jaya Satriana.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.38 Wita hingga 10.00 Wita ini bertujuan untuk meningkatkan kemitraan dan koordinasi. Antara Sat Binmas Polres Lombok Barat dengan komunitas tukang parkir. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan pembekalan kepada tukang parkir terkait tugas dan fungsinya. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan pasar.

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan bahwa tukang parkir memiliki peran penting dalam menjaga kamtibmas di lingkungan pasar. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dan pelatihan secara berkelanjutan agar tukang parkir dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Tukang parkir merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan pasar. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dan pelatihan secara berkelanjutan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata AKP Daniel.

Ajakan Bersama-sama Jaga Kamtibmas

Dalam kegiatan Bintek tersebut, Ipda I Nyoman Dana memberikan materi. Mulai dari tentang tugas dan fungsi tukang parkir, etika dan sopan santun dalam melayani masyarakat. Serta cara-cara menjaga kamtibmas di lingkungan pasar.

Selain itu, tukang parkir juga diimbau untuk secara bersama-sama menjaga kamtibmas. Selama bulan puasa di wilayah Kabupaten Lombok Barat agar tetap aman dan kondusif.

Kegiatan Bintek ini mendapat antusias yang baik dari para tukang parkir. Mereka merasa mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru yang bermanfaat dalam melaksanakan tugasnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru tentang tugas dan fungsi tukang parkir, serta cara-cara menjaga kamtibmas di lingkungan pasar,” kata salah seorang tukang parkir.

Kegiatan Bintek ini merupakan salah satu upaya Polres Lombok Barat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayahnya, khususnya menjelang bulan Ramadan. Dengan meningkatkan peran tukang parkir dalam menjaga kamtibmas. Harapannya situasi di lingkungan pasar dan sekitarnya dapat tetap aman dan nyaman bagi masyarakat.