Semakin Mulus, Pengaspalan Ulang Lintasan Sirkuit MotoGP di Mandalika Dikebut

Mandalika, NTB Pengaspalan ulang sekitar 1,6 kilometer lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika telah dimulai, Sabtu (5/3/2022) sekitar pukul 14.00 Wita.

Pengaspalan dimulai dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan 17.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam 4 sentimeter selesai dilakukan. Lintasan Sirkuit akan dilapisi aspal yang menggunakan teknologi Stone Matic Asphalt (SMA).

“Sebelumnya sudah dilakukan Simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi.

Untuk pengaspalan ini, MGPA terus berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Konsultan dan PT Pembangunan Perumahan. Semua pekerjaan dilaksanakan secara terstruktur dan terukur serta perkembangannya juga disampaikan ke pihak Dorna dan FIM.

Track And Race Control Supervisor MGPA, Awallutfi Andhika menjelaskan, sesuai permitaan Dorna dan FIM, pengaspalan ulang sirkuit Pertamina Mandalika dilakukan dari tikungan 17 sampai tikungan 5. Total jarak yang diaspal ulang mencapai 1,6 kilometer.

“Untuk pengaspalan ulang ini, dibagi dalam lima segmen. Masing-masing segmen bervariasi karena ada trek lurus dan tikungan yang berbeda. Targetnya selesai tanggal 10 Maret,” jelas Awallutfi.

Setelah pengaspalan ulang selesai, selanjutnya lintasan akan dibersihkan dengan track jet dan sweeper. Grip test juga akan dilakukan secara makro untuk tekstur dan kepadatan aspalnya yang melibatkan RMI, R3 dan Desainer Sirkuit MRK1.

Selain pengaspalan ulang lintasan, MGPA juga membenahi fasilitas lain, seperti pengerjaan Tribun penonton di Area Hospitality Suite VIP Village, Grandstand dan Royal Box. Semua ditargetkan selesai sebelum balapan berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.