Daerah  

Mensos Tinjau Kondisi Pengungsian di Batulayar Barat, Siapkan Tenda Pengungsian Standar PBB

Lombok Barat, NTB Menteri Sosial RI Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T melakukan kunjungan terhadap warga korban bencana alam banjir dan longsor di Dusun Batulayar Utara Desa Batulayar Barat Kec. Batulayar Kab. Lobar, Jumat (10/12/2021).

Dalam kunjungan ini, mensos didampingi langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal, S.I.K., M.H., bersama, Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Danrem 162/ WB Brigjen Tni Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Hum, serta unsur Pemerintahan lainnya.

Selain itu Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK, dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, turut hadir di Lokasi Pengungsian Warga terdampak bencana.

Pada kesempatan itu, Mensos Tri Rismaharini mengatakan dari hasil pemantauan di tempat pengungsian, menurutnya belum aman sepenuhnya.

“Kita lihat dibukit itu sudah mulai ada longsoran, kita cari tempat yang lebih aman, ” Ungkapnya.

Menurutnya, di Lokasi pengungsian yang baru lebih aman, dan akan membangun tenda yang lebih layak lagi.

“Memang lokasinya lebih jauh dari perumahan warga, kalau kita lihat lokasi sebelumnya dari tempat longsoran hingga tempat pengungsian masih belum aman,” Pungkasnya.

Artinya, masyarakat yang tinggal disini pada malam hari atau saat hujan minimal harus tinggal di Lokasi pengungsian.

“Kita akan siapkan fasilitas sesuai dengan standar PBB, untuk tempat pengungsiannya,” Katanya.

Dikatakan bahwa, ini bukan hanya untuk jangka waktu pendek seminggu atau dua minggu, tetapi ini bisa sampai berbulan-bulan.

“Tetapi ini bisa saja berlangsung satu bulan, dua bulan, hingga memastikan kondisinya aman, ” Terangnya.

Tenda yang akan disiapkan layak untuk anak-anak, menggunakan bahan yang tidak panas, dan dilengkapi dengan sirkulasi udara dan sekat-sekat untuk yang sudah berkeluarga

“Nanti kita akan datangkan MCK portabel, atau toilet portabel untuk kebutuhan Masyarakat yang terdampak,” katanya.

Terkait kebutuhan tenda yang akan disiapkan, menyesuaikan dengan kebutuhan di Lokasi, bila kurang maka akan didatangkan dari Bali dan Bekasi.

“Tadi sudah diidentifikasi, di Dinas sudah ada tiga, di Balai ada dua, jadi lima, itu masing-masing bisa menampung 20 orang,” katanya.

Tenda yang telah siap ini, nantinya akan dilengkapi dengan selimut, dan fasilitas anak-anak.

“Sementara disini, karena untuk relokasi nantinya harus ada keputusan Daerah dengan DPR, ” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Sosial RI beserta rombongan meninjau langsung Lokasi Bencana Alam dan Posko pengungsian.

Selain menyampaikan rencana relokasi, ke tempat pengungsian yang lebih layak, Mensos memberikan trauma healing kepada anak – anak korban Bencana Alam.

Memberikan Bantuan berupa sembako dan Santunan kepada masing – masing Korban Bencana Alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.