Mahasiswi di Lombok Kembangkan Aplikasi E-Surat via Skripsi Setebal 850 Halaman

Mahasiswi di Lombok Kembangkan Aplikasi E-Surat
Gina Fairuz Shofi (22) Mahasiswi Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Lombok Tengah. Foto: IST.

Lombok Tengah – Salah satu mahasiswi asal Desa Dasan Baru Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Gina Fairuz Shofi (22) menciptakan salah satu aplikasi E-Surat untuk meningkatkan kinerja instansi di Pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah.

Gina sapaannya, melakukan penelitian skripsi berjudul Pengembangan aplikasi E-surat Untuk Meningkatkan Kinerja Instansi di Kabupaten Lombok Tengah. Tujuannya untuk mempermudah pengelolaan surat menyurat, seperti pengiriman, pendisposisian, pengarsipan dan pencarian arsip yang dilakukan itu bertujuan untuk memangkas alur pembuatan disposisi surat menyurat di Pemda Lombok Tengah.Mahasiswi di Lombok Kembangkan Aplikasi E-Surat via Skripsi Setebal 850 Halaman

Banner Iklan kos cita

Lombok Tengah – Salah satu mahasiswi asal Desa Dasan Baru Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Gina Fairuz Shofi (22) menciptakan salah satu aplikasi E-Surat untuk meningkatkan kinerja instansi di Pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah.

Gina sapaannya, melakukan penelitian skripsi berjudul Pengembangan aplikasi E-surat Untuk Meningkatkan Kinerja Instansi di Kabupaten Lombok Tengah. Tujuannya untuk mempermudah pengelolaan surat menyurat, seperti pengiriman, pendisposisian, pengarsipan dan pencarian arsip di Pemda Lombok Tengah.

“Hasil penelitian dengan menggunakan sistem informasi E-Surat ini, bagaimana pengiriman surat ke seluruh instansi membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit. Sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari,” kata Gina kepada detikBali, Sabtu (5/11/2022).

Mahasiswi Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Lombok Tengah ini juga mengaku bahwa penelitian pengembangan sistem E-Surat itu sengaja dilakukan untuk memberikan masukan kepada 24 Dinas di Pemda Lombok Tengah.

“Saya pernah praktek kerja lapangan di Dinas Kominfo tahun 2021 lalu. Dan pada saat itu saya diberikan kepercayaan untuk mengembangkan sistem informasi e-surat ini, yang awalnya hanya memiliki fitur pengarsipan saja. Jadi pengembangan sistem ini sekalian saya ajukan sebagai skripsi saya,” kata Gina.

Gina mengatakan penyusunan skripsi setebal 350 dengan lampiran kuesioner penelitian dan pengujian capai 850 halaman itu tak luput dari kendala di lapangan. Pasalnya, Gina membuat kuisioner penelitian ke 24 instansi dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner dengan metode analisis PIECES.

“Awalnya sistem ini hanya memiliki fitur pengarsipan. Sehingga pada skripsi ini dikembangkan lagi fiturnya menjadi pengiriman, pendisposisian, pengarsipan dan penelusuran atau pencarian arsip surat. Jadi pengembangan sistem menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode waterfall dan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML),” katanya.

Untuk sistem coding menggunakan framework codeigniter4 dengan bahasa pemrograman PHP dan database postgresql.

Ada pun metode pengujian sistem menggunakan metode black-box testing dan menilai kepuasan pengguna menggunakan metode webqual 4.0 dan wawancara.

Dalam penelitian yang dilakukan Gina bahwa menggunakan sistem informasi E-Surat juga dapat mempermudah pengarsipan surat. Sehingga kejadian human eror yang terjadi pada proses pengarsipan seperti pencatatan arsip ganda, arsip tidak tercatat, atau arsip surat yang hilang atau rusak dapat diminimalisir.

Kemudian, pada proses pendisposisian surat juga dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Bahkan kata Gina sistem E-Surat ini begitu surat masuk dapat diterima tanpa Kepala Dinas harus berada di kantor.

“Untuk penelusuran atau pencarian arsip surat juga dapat dengan mudah dilakukan. Kan biasanya pencarian arsip surat harus membongkar atau membuka satu per satu map ordner yang digunakan sebagai tempat arsip surat,” katanya.

Gina pun mengaku bahwa, berdasarkan hasil pengujian fungsional yang dilakukan dengan menggunakan black-box testing, setiap fitur pada sistem informasi E-Surat dapat berjalan dengan baik.

Bahkan, hasil pengujian kepuasan pengguna menggunakan metode webqual 4.0 menunjukkan hasil untuk admin adalah sebesar 92% dengan kategori sangat puas menggunakan sistem E-Surat.

Untuk kepuasan pengguna untuk user adalah sebesar 89,47% dengan kategori sangat puas jika menggunakan sistem E-Surat.

“Untuk kendala yang saya rasakan selama skripsi adalah penyesuaian atau beradaptasi dengan database postgresql 14 yang dikombinasikan dengan framework ci4 dalam pengembangan sistem. Saya mengerjakan skripsi di semester 8, skripsi ini selesai 6 bulan. Tapi sebenarnya pengerjaannya itu ± 4-5 bulan. Hanya saja mood yang up and down dalam mengerjakan sehingga selesainya 6 bulan,” kata Gina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *