Kapolres Bima Tegaskan Pengamanan Aksi Demonstrasi Sudah Sesuai SOP

Bima, NTB – dalam setiap melakukan tugas pengamanan aksi demonstrasi, Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.I.K, menegaskan, pihaknya selalu mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sebagaimana penanganan terhadap para demonstran yang tergabung dalam Asosiasi Petani Bawang Merah Kecamatan Belo, Woha, dan Soromandi.

Yang berlangsung di depan Kantor Bupati Bima, baik pada hari pertama, Rabu (1/12/21) maupun di hari kedua, Kamis (2/12/21) kemarin.

Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka WDP, dalam rilisnya menyampaikan, sebelum turun melakukan tugas pengamanan, Kapolres Bima telah melakukan Acara Arahan Pimpinan (AAP).

Kapolres Bima memimpin langsung pengamanan Personel gabungan terdiri dari Polres Bima, Polres Bima Kota, Kodim 1608 Bima, dan Satpol PP Pemkab Bima, di Lapangan Kantor Pemkab Bima.

“Pukul 08.00 Wita Bapak Kapolres sendiri yang memberikan AAP,” ujar Adib.

Saat AAP tersebut, dalam arahannya Kapolres menekankan kepada para personil agar mengedepankan humanisme dalam menangani para peserta demonstran.

Selain AAP, pihak Polres Bima juga melakukan pengecekan terhadap senjata para personel.

Baik dari Polri maupun TNI yang dilakukan oleh Wakapolres Bima, Kabag Ops, dan Kasi Propam.

Selanjutnya Si Propam Polres Bima mengamankan senjata api tersebut di dalam gedung Pemkab Bima.

Sementara untuk Sat Samapta sebagai satuan terdepan menghadapi demonstran sama sekali tidak diperbolehkan membawa senjata api.

“Hanya memperbolehkan membawa Flash Ball atau pelontar gas air mata,” pungkasnya.

Upaya selanjutnya memasang kawat Barrier pada 3 titik lokasi di Kantor Bupati Bima, antara lain Pintu Timur, Tengah dan Barat serta Polwan sebagai tim negosiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.