Scroll untuk baca artikel
Berita

Patroli KRYD Polsek Kuripan Sasar Wilayah Rawan, Jaga Keamanan Warga

×

Patroli KRYD Polsek Kuripan Sasar Wilayah Rawan, Jaga Keamanan Warga

Sebarkan artikel ini
Polsek Kuripan Gencarkan Patroli Malam, Warga Merasa Aman
Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) terus meningkatkan intensitas patroli malam di wilayah hukumnya. Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) ini difokuskan pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi kejahatan 3C (Curat, Curas, Curanmor) serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) lainnya.

Pada Selasa malam, 9 Juli 2024, patroli KRYD dimulai pukul 21.00 WITA dan berlangsung hingga dini hari. Sasaran utama patroli adalah Dusun Sedayu di Desa Kuripan dan Dusun Tegal di Desa Jagaraga, dua lokasi yang dianggap rawan tindak kejahatan.

Kapolsek Kuripan, Iptu Fahrizal Eko Suryanto, menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Kuripan. “Kami ingin memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman, terutama di malam hari,” ujar Iptu Fahrizal.

Patroli Humanis, Dialog dengan Warga

Tidak hanya berpatroli, personel Polsek Kuripan juga melakukan pendekatan humanis dengan berdialog langsung bersama warga. Mereka memberikan imbauan Kamtibmas, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan, dan mengingatkan agar selalu waspada terhadap potensi tindak kejahatan.

“Kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan rasa aman dan mencegah terjadinya tindak kejahatan,” tambah Iptu Fahrizal.

Monitoring Situasi Kamtibmas

Selain berdialog dengan warga, personel Polsek Kuripan juga melakukan pemantauan situasi Kamtibmas di sekitar pemukiman padat penduduk dan tempat-tempat yang dianggap rawan. Mereka memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Kami juga melakukan stasioner di beberapa titik strategis untuk memantau situasi secara lebih intensif,” jelas Iptu Fahrizal.

Apresiasi dari Masyarakat

Kegiatan patroli malam yang ditingkatkan ini mendapat apresiasi dari masyarakat. Mereka merasa lebih aman dan nyaman dengan kehadiran polisi di lingkungan mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Kuripan yang selalu hadir untuk menjaga keamanan kami,” ujar salah seorang warga Dusun Sedayu.

Kasi Humas Polres Lombok Barat, AKP I Gede Gumiarsana, menegaskan komitmen Polsek Kuripan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban.

“Patroli KRYD ini akan terus kami lakukan secara rutin untuk memastikan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kuripan tetap kondusif,” tegas AKP Gumiarsana.

Pentingnya Peran Serta Masyarakat

Polsek Kuripan juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan Kamtibmas.

“Dengan kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat, kami yakin dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif,” tandasnya.