Scroll untuk baca artikel
Berita

Antisipasi Begal & Balap Liar, Polsek Kediri Gelar Patroli Blue Light

×

Antisipasi Begal & Balap Liar, Polsek Kediri Gelar Patroli Blue Light

Sebarkan artikel ini
Patroli Blue Light Polsek Kediri Amankan Jalur BIL Lombok Barat

Kediri, Lombok Barat – Polsek Kediri, Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Patroli Blue Light terjadwal, seperti yang dilaksanakan pada Senin malam, 8 Juli 2024, di sepanjang jalur BIL 1 dan BIL 2, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Kediri, AKP Jahyadi Sibawaih, S.H., menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari strategi preventif untuk mencegah berbagai potensi kejahatan jalanan. “Kami fokus pada antisipasi begal, 3C (curat, curas, dan curanmor), serta kerumunan anak muda yang berpotensi melakukan tawuran atau balap liar,” ujar AKP Jahyadi.

Patroli Blue Light sendiri merupakan patroli dengan menggunakan kendaraan dinas polisi yang dilengkapi lampu rotator berwarna biru. Kehadiran polisi yang mencolok ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan dan memberikan rasa aman bagi pengguna jalan.

Menyisir Jalur Rawan

Jalur BIL 1 dan BIL 2 dipilih sebagai fokus patroli karena merupakan jalur yang cukup rawan. Kondisi jalan yang relatif sepi pada malam hari dan minimnya penerangan menjadi faktor yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Selain itu, jalur ini juga kerap menjadi lokasi favorit bagi anak muda untuk melakukan balap liar.

Kasi Humas Polres Lombok Barat, AKP I Gede Gumiarsana, menambahkan, “Patroli Blue Light ini tidak hanya bersifat represif, tetapi juga preventif. Kami ingin memberikan pesan kepada masyarakat bahwa polisi selalu hadir untuk menjaga keamanan mereka.”

Selama patroli, petugas menyisir seluruh jalur BIL 1 dan BIL 2, melakukan pemantauan, dan memberikan imbauan kepada masyarakat yang ditemui. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mencurigakan.

Situasi Aman Terkendali

Hingga patroli berakhir pada pukul 23.00 Wita, situasi di jalur BIL 1 dan BIL 2 dilaporkan aman terkendali. Tidak ditemukan adanya aktivitas anak muda yang disinyalir akan melakukan balap liar. Arus lalu lintas juga terpantau lancar.

AKP Jahyadi menegaskan, “Kami akan terus melakukan Patroli Blue Light secara rutin dan intensif. Kami berharap upaya ini dapat menekan angka kriminalitas dan memberikan rasa aman bagi masyarakat Lombok Barat, khususnya di jalur BIL 1 dan BIL 2.”

Apresiasi dari Masyarakat

Upaya Polsek Kediri dalam menjaga keamanan melalui Patroli Blue Light mendapat apresiasi dari masyarakat. Beberapa pengguna jalan yang ditemui oleh petugas patroli mengaku merasa lebih aman dan nyaman saat melintas di jalur BIL 1 dan BIL 2.

“Saya sering lewat jalur ini pada malam hari. Dengan adanya patroli polisi, saya merasa lebih tenang,” ujar salah seorang pengendara sepeda motor.

Polsek Kediri juga mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada polisi jika melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan kamtibmas.

Komitmen Polri untuk Keamanan

Patroli Blue Light Polsek Kediri merupakan salah satu wujud komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Polri akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan rasa aman di seluruh wilayah Indonesia.