Scroll untuk baca artikel
Berita

Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Lombok Barat Giatkan Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas

×

Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Lombok Barat Giatkan Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Giat Patroli dan Pengamanan Lalu Lintas

Lombok barat, NTB – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Barat terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah hukumnya. Berbagai kegiatan seperti patroli sore, pengaturan lalu lintas, dan pengamanan salat Magrib. Pelaksanaannya secara rutin, guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Patroli Sore di Bypass BIL 1 dan BIL 2

Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K., Kasat Lantas Polres Lombok Barat, memimpin langsung kegiatan patroli sore pada Minggu, 24 Juni 2024. Patroli yang dimulai pukul 16.45 WITA ini menyasar Bypass BIL 1 dan BIL 2, dua jalur utama yang kerap menjadi titik rawan pelanggaran lalu lintas.

“Fokus utama patroli ini adalah memberikan himbauan kepada pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor, untuk selalu tertib berlalu lintas. Kami juga mengingatkan agar pengendara kendaraan bak terbuka tidak memuat penumpang dan sepeda motor tetap menggunakan jalur lambat,” jelas Iptu Dina.

Patroli sore ini merupakan bagian dari upaya preventif Satlantas Polres Lombok Barat dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dengan kehadiran petugas di lapangan, sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas semakin meningkat.

Pengaturan Lalu Lintas di Bundaran GMS

Pada lokasi lainnya, personel Satlantas Polres Lombok Barat juga melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas di Bundaran GMS, Kecamatan Gerung. Kegiatan yang mulai pukul 16.30 WITA ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di titik rawan tersebut.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menjelaskan bahwa petugas memberikan teguran dan himbauan. Kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, dan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis.

“Pengaturan lalu lintas ini merupakan langkah konkret kami dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di jalan raya. Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” ujar AKP I Gede Gumiarsana.

Pengamanan Salat Magrib di Masjid Jami Yahya Mendagi

Selain patroli dan pengaturan lalu lintas, Satlantas Polres Lombok Barat juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah salat Magrib. Pada Minggu, 23 Juni 2024, petugas melakukan pengamanan di Masjid Jami Yahya Mendagi mulai pukul 18.15 WITA.

“Kami membantu mengatur lalu lintas di sekitar masjid dan membantu jamaah menyeberang jalan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan mengingat jalur tersebut cukup ramai,” terang Iptu Dina.

Komitmen Polres Lombok Barat dalam Menjaga Keamanan Lalu Lintas

Rangkaian kegiatan Satlantas Polres Lombok Barat ini menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah hukumnya. Dengan berbagai upaya preventif dan represif, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan dan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Iptu Dina Rizkiana menegaskan, “Kami akan terus melakukan patroli dan pengaturan lalu lintas secara rutin. Selain itu, kami juga akan meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Kami berharap kerja sama dari semua pihak untuk mewujudkan Lombok Barat yang aman dan tertib.”

Polres Lombok Barat berharap masyarakat dapat mematuhi peraturan lalu lintas dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di jalan raya. Dengan demikian, angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan dan keselamatan pengguna jalan dapat terjamin.