Scroll untuk baca artikel
Berita

Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat: Polsek Kuripan Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas

×

Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat: Polsek Kuripan Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Polsek Kuripan Kawal Meriahnya Nyongkolan di Lombok Barat

Polisi Kawal Meriahnya Nyongkolan di Lombok Barat, Lalu Lintas Tetap Lancar

Lombok Barat, 24 Mei 2024 – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, dibawah pimpinan Iptu Fahrizal Eko Suryanto, sukses mengamankan jalannya tradisi nyongkolan yang berlangsung meriah di Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (23/5). Tradisi unik ini, berupa arak-arakan pengantin dan rombongan dari Desa Babussalam menuju Dusun Lendang Sedi, menjadi pusat perhatian warga setempat.

Pengamanan yang dimulai pukul 17.15 WITA ini, fokus pada pengaturan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Giri Sasak. Tujuannya tak lain adalah memastikan kelancaran lalu lintas bagi pengguna jalan lainnya, mengingat antusiasme warga yang turut serta dalam arak-arakan.

Iptu Fahrizal Eko Suryanto menjelaskan, “Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam momen-momen spesial seperti nyongkolan. Kehadiran polisi di lapangan merupakan bentuk pelayanan kami kepada masyarakat.”

Berkat kesigapan petugas, acara nyongkolan berlangsung lancar tanpa hambatan berarti. Masyarakat pun merasa aman dan nyaman dalam merayakan tradisi yang sarat makna ini. Polsek Kuripan menegaskan komitmennya untuk terus mendukung kegiatan masyarakat, sambil memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

Nyongkolan sendiri merupakan tradisi yang mengakar kuat di masyarakat Lombok. Selain menjadi simbol kebahagiaan dan doa restu bagi pasangan pengantin, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga. Keberhasilan pengamanan nyongkolan ini menjadi bukti sinergi positif antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga tradisi dan budaya lokal.