Scroll untuk baca artikel
Berita

Kapolres Bima Kota Memantau Rekapitulasi Suara di PPK Langgudu dan Lambu, Pastikan Pengamanan Sampai Tuntas

×

Kapolres Bima Kota Memantau Rekapitulasi Suara di PPK Langgudu dan Lambu, Pastikan Pengamanan Sampai Tuntas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (25/2) – Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata, S.I.K,. S.H, melakukan pemantauan langsung terhadap proses rekapitulasi surat suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langgudu dan Lambu, yang berada di wilayah hukum Polres Bima Kota. Kunjungan ini berlangsung pada Sabtu (25/02/2024) di Kantor Camat Langgudu dan Camat Lambu, Kabupaten Bima.

Dalam pemantauannya, Kapolres memastikan bahwa personel pengamanan yang bertugas dalam proses penghitungan dan rekapitulasi surat suara di PPK Langgudu dan Lambu siap dan tanggap terhadap situasi di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan.

“Situasi harus diantisipasi. Tugas pengamanan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, jangan meremehkan, dan tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan gangguan keamanan,” ujar Kapolres, menekankan pentingnya kewaspadaan dalam menjaga keamanan selama proses rekapitulasi.

Selain itu, Kapolres juga menyoroti peran petugas yang menjaga tempat penyimpanan di kantor PPK dalam melakukan rekapitulasi Pemilu 2024. Mereka diminta untuk berkoordinasi dengan petugas penyelenggara pemilu lainnya guna menciptakan sinergitas dalam tugas pengamanan, serta menjaga transparansi, kejujuran, keadilan, dan kerahasiaan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Pemantauan yang dilakukan Kapolres ini merupakan langkah preventif untuk mengawal proses demokrasi yang aman dan damai. Proses penghitungan suara masih berlangsung di tingkat PPK, dan setelah selesai, akan diamankan dan dikawal menuju KPU Bima. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menjaga integritas dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.